Ini mungkin kabar yang melegakan bagi pengguna ponsel layar sentuh karena sudah ada ponsel dan tablet dengan tombol fisik yang bisa muncul dan menghilang sesuai keinginan.

Perusahaan asal California, Tactus, membuat sebuah ponsel yang memiliki tombol seperti itu. Perusahaan ini mengklaim tombol tersebut muncul di area yang sama di layar ponsel berupa tombol transparan.  Teknologi ini dapat diterapkan di tablet, ponsel, dan remot kontrol serta dapat juga digunakan pada alat musik.

Tactus menjelaskan bahwa ini merupakan teknologi yang pertama kali di dunia untuk mengatasi kekurangan teknologi layar sentuh.

"Bagaimana bisa sebuah tombol keluar begitu saja dari layar gadget anda? Tactus mempersembahkan sebuah dimensi baru dari touchscreen dengan tombol fisik yang muncul sesuai perintah, dan masuk kembali ke dalam layar, lalu layar terlihat seperti semula." kata mereka seperti dilansir Daily Mail.

Tactus mengklaim teknologi mereka setipis layar sentuh yang ada saat ini. Juga tidak ada perubahan pada sensor di bawahnya.

Dengan tombol tertentu, pengguna dapat memilih apakah akan menampilkan tombol fisik tersebut atau tidak.
Ketika fungsi tombol dimatikan, maka tombol akan masuk ke dalam layar secara perlahan dan tanpa bekas.

Tactus mengklaim teknologi ini merupakan inovasi paling canggih dari teknologi layar sentuh saat ini yang baru sampai pada respon getar ketika menyentuh layar. Mereka juga mengklaim teknologi ini memudahkan jari pengguna agar lebih tepat sasaran pada tombol tertentu di layar.

"Ini bukan sekedar akal-akalan teknologi getar tetapi benar-benar tombol nyata yang muncul dan menghilang di layar," tutup Tactus.